
Sumatif akhir semester yang semula bernama penilaian akhir semester dalam kurikulum 2013 merupakan kegiatan rutin yang dilakukan pada tiap semester. SAS adalah salah satu bentuk asesmen yang dilakukan oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengetahui ketercapaian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Capaian Pembelajaran (CP) yang telah dijalani oleh peserta didik selama satu semester/enam bulan.
Penilaian sumatif akhir semester dapat mencakup berbagai macam bentuk, seperti ujian tertulis, proyek akhir, presentasi, atau penugasan lainnya yang dirancang untuk menguji pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan siswa dalam menerapkan materi yang telah dipelajari selama semester.
Saat ini SMK Al Amanah Tengah melaksanakan SAS semester genap yang dilaksanakan pada tanggal 2 Juni 2025 sampai dengan 11 Juni 2025 yang peserta nya terdiri dari peserta didik kelas 10 dan 11 pada konsentrasi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak, Perbankan Syariah, Akuntansi, Bisnis Digital dan Manajemen Perkantoran. Pada tahun ini SAS dilaksanakan dengan menggunakan paper/ kertas yang diharapkan peserta didik dapat membaca soal HOTS dengan lebih nyaman.
Hasil dari penilaian sumatif akhir semester ini sering memiliki bobot penting dalam menentukan nilai akhir siswa untuk semester tersebut. Nilai tersebut bisa memengaruhi kemajuan siswa ke tingkat berikutnya, penentuan apakah siswa perlu mengulang pembelajaran, atau menentukan kelulusan dan prestasi akademis siswa.
Sebagai persiapan untuk penilaian sumatif akhir semester, siswa disarankan untuk melakukan review terhadap materi-materi yang telah dipelajari, mengerjakan latihan soal, dan memanfaatkan waktu dengan efisien untuk memperdalam pemahaman mereka terhadap materi. Kolaborasi dengan rekan sekelas, meminta bantuan dari guru, serta memanfaatkan sumber daya pembelajaran yang tersedia juga dapat membantu siswa dalam mempersiapkan diri dengan baik untuk penilaian tersebut.
Penilaian sumatif akhir jenjang adalah penilaian akhir yang dilakukan pada akhir suatu jenjang pendidikan, seperti sekolah dasar, sekolah menengah, atau perguruan tinggi. Penilaian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemahaman dan pencapaian siswa selama masa belajar mereka di jenjang tersebut.
Hasil dari penilaian sumatif akhir jenjang dapat memiliki dampak yang signifikan bagi siswa. Misalnya, hasil penilaian ini bisa menentukan apakah seorang siswa lulus ke jenjang pendidikan berikutnya atau tidak. Di tingkat perguruan tinggi, hasil penilaian ini juga dapat memengaruhi kesempatan siswa untuk melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi.